Mari Berbagi Bacaan !!


Credit Analist

Ya, credit analist,. Sebuah profesi yang cukup popular di hampir semua lembaga keuangan. Bagaimana tidak, penyaluran kredit lembaga pada perusahaan-perusahaan keuangan merupakan kredit aktif yang menjadi sumber pendapatan yang menyumbang sebagaian besar (hampir 100%) income perusahaan.

Tugasnya adalah menilai kelayakan permeberian kredit bagi calon kreditur (peminjam), memberikan rekomendasi tau menolak aplikasi kredit dan merupakan akhir ke-2 dari aplikasi kredit yang diajukan sebelum diserahkan kepada pemegang keputusan (kepala cabang/supervisor dll) . Nah, maka seorang credit analist memiliki peranan yang sangat penting. Seorang credit analist pasitnya haruslah merupakan orang yang terbaik dalam hitung2an (matematika), teliti terhadap calon kreditur, independent, dan mampuh menjalin hubungan yang baik bagi nasabah.

Ramadhan 1434H ini, aq berkesempatan untuk mengikuti recruitment credit analist di salah satu perusahaan finance terkemuka di Indonesia.

Selang beberapa hari mengundurkan diri dari perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan, aku mendapat indormasi tentang job opportunity sebuah perusahaan finance. Karena informasi itu aq terima dari teman yang bekerja di perusahaan tersebut. Segera saja pihak HRD menghubungi Q untuk interview. Singkatnya, proses rekrutment yang pertama adalah interview. Tak banyak dan juga tak lama, hanya beberapa pertanyaan mendasar tentang pengalaman kerja dll, dan diakhir interview pertama ini aQ mendapat undangan untuk mengikuti psikotest 2 hari kemudian.

Nah, psikotest berlangsung cukup lama, mulai dari jam 9.30 pagi sampai jam 1 siang. Tes secara marathom. Hahaha,.. (pertama kali sih)
Psikotesnya lumayan mudah, dan familiar ya,. Pertama test gambar-gambar(menentukan gambar yang berbeda), kedua juga test gambar2 (menentukan gmabar dengan pola yang sama) , ketiga tes gambar dengan instruksi (misalnya : tarik garis dari bawah angka 1 melewati lingkaran sampai gambar segitiga besar), keempat dan kelima hanya sekedar mengisi tentang pribadi (misal : kita disediakan kata “saya …./ sebanyak 30 dan setiap titik-titik harus diisi dengan hal yang menggambarkan pribadi kita/ bukan fisik, missal lagi : saya cerdas, saya  rajin, sya teliti, saya jujur, dst) dan tes selanjutnya adalah tes matematika (menghitung standar anak SD, soal agak mudah tapi dengan waktu yang sangat terbatas), selanjutnya masih MTK yaitu Cuma mejumlahkan dua berderet2 angka juga dengan waktu yang sangat terbatas. Dan terakhir baru tentang ekonomi dan mengarah ke tugas seorang credit analist.

Kalo yang tentang ekonomi Cuma sekitar 20 soal pilihan ganda, materinya kuliah banget. :D beberapa pertanyaan juga aQ gak bisa jawab. Hehehe, tapi sebagaian besar oke.

Nah ini kira2 gambaran soal yang berhubungan dengan tugas credit analist :
Pak Eka bekerja sebagai manajer di Perusahaan Minyak Sentosa dan memiliki penghasilan  10 juta per bulan. Selain itu Istri Pak Eka memiliki usaha pemancingan yang berjarak 30 KM dari tempat tinggal beliau.  Pak eka saat ini juga melakukan kredit kepemilikan rumah dengan tagian Rp2.900.000 per bulan. Mobil yang pernah dimiliki adalah 1 unit Daihatsu Xenia yang kini telah dijual. Pak eka bermaksud mengajukan kredit untuk sebuah mobil Toyota Innova dengan angsuran Rp4.660.000 per bulan. Secara lebih terperinci :
Keterangan
Nominal
DP
Rp35.000.000
Administrasi 10% DP
Rp3.500.000
Angsuran per bulan
Rp4.660.000
Total  bulan pertama
Rp43.160.000
 
Pertanyaan
      1. Berikan alasan mengapa suatu kredit harus direkomendasikan atau tidak direkomendasikan !
2    2. Buatlah rincian dari penghasilan Pak Eka!
J   3. jika menurut Saudara pengajuan aplikasi kredit Pak Eka dapat direkomendasikan? Dokumen-dokumen apa saja yang disyaratkan? Jika ada?
4   4. Jika menurut saudara kredit tidak direkomendasikan, berikan alasan ?
Berikut singkat pengalaman, semoga dapat membantu minimal menghibur Anda :D

Nice visiting ;)
 




Pengikut

Facebook Twitter RSS